Kok Bisa Mengalami Writer's Block, sih?

Artikel | Tanggal: 23 Maret 2018

Setiap penulis kayaknya pernah diserang virus writer’s block, ya? Ini penyakit yang jadi musuh besar para penulis! Yup! Kalau writer’s block mulai muncul, penulis jadi susah buat menuangkan ide hingga buntu buat lanjutin cerita. Hiii... seram banget, kan! Virus ini susah-susah gampang dilawan. Buat melawannya kita perlu tahu dulu apa sih penyebabnya. Yuk, sama-sama cari tahu penyebabnya di artikel ini! ^o^/

1. Plot naskah belum matang
Naskah yang plot atau alur ceritanya masih belum jelas, adalah sasaran empuk virus writer’s block! Plot cerita berisi alur cerita secara garis besar. Membantu kita lebih mudah mengeksekusi naskah. Plot sudah matang baru boleh tulis naskah utuhnya. Bye-bye, writer’s block!

2. Karakter novel kurang jelas
Gimana bisa cerita tentang seseorang kalau kita sendiri nggak kenal dengan sosok tersebut? Betul, Kak! Saat menulis novel kita juga perlu ‘mengenal’ karakter yang kita buat. Buat karakter yang unik dan punya ciri khas, jangan sampai semua karakter terlihat mirip, ya!

3. Malas riset

Gambar: https://marionann.wordpress.com/


Riset ini wajib banget, lho! Mau bikin novel best seller, tapi malas riset. Duh... Kak, ke laut aja deh! Saat mentok dalam mendeskripsikan atau menyusun alur cerita, kemungkinan risetnya masih kurang. Yuk, riset lagi! Riset lagi!

4. Malas baca buku
Mau jadi penulis tapi malas baca buku?! *Rubah Inari pingsan dulu deh* Kak, jadi penulis itu bukan cuma bakat, tapi juga perlu usaha keras. Membaca buku sebanyak-banyaknya adalah salah satu usaha untuk bisa menulis naskah yang keren. Jangan malas baca lagi, ya!

5. Krisis PD
Mau nulis cerita tapi takut hasilnya jelek dan nggak disukai pembaca. Lho... naskahnya saja belum jadi, kok sudah nggak percaya diri, sih? Masalah bagus atau jelek nanti saja dipikirkannya, yang penting sekarang... nulis, nulis dan nulis! Yakin deh, lama-lama tulisanmu akan semakin keren!

6. Terlalu lama menunda

Ke halaman sebelumnya